Cara Mengatasi Dan Merawat Ayam yang Kegemukan – Bukan hanya manusia, hewan ternak seperti ayam bangkok aduan pun dapat mengalami obesitas atau kegemukan. Sangat fatal apabila ayam aduan tersebut sampai mengalami obesitas. Karena pastinya kualitas tarungnya pun akan menurun di arena sabung ayam. Selain itu ayam bangkok harus memiliki tubuh yang ideal untuk meningkatkan kecepatan ayam dan tidak mudah lelah. Tubuh ayam bangkok yang terlalu gemuk akan mempengaruhi kurangnya performa dari sang ayam tersebut. Oleh karena itu kalian perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi kegemukan pada ayam bangkok.

Cara Mengatasi Dan Merawat Ayam yang Kegemukan
Cara Mengatasi Dan Merawat Ayam yang Kegemukan

Ayam bangkok yang ideal adalah memiliki tubuh yang ramping, padat dan otot yang kuat. Sama halnya dengan manusia, dalam pertandingan laga tinju, seorang petinju harus memiliki tubuh yang kekar dan tidak gemuk. Oleh karena itu, kami akan mengulas beberapa tips untuk mengatasi kegemukan pada hewan yang satu ini. Selain itu ada beberapa penyebab ayam mengalami kegemukan yaitu karena pemberian pakan yang berlebihan, jarang latihan atau berolahraga, serta tidak rutin dijemur. Dampak buruk ayam aduan kegemukan yaitu pukulan lemah, stamina lemah, tidak lincah, cenderung lebih suka kabur dari arena, menjadi penakut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Ayam Bangkok Aduan Kurus

Berikut ini cara mengatasi ayam yang sudah terlalu gemuk atau pencegahan agar tidak terjadi:

  • Berikan pakan berupa gabah yang sudah direndam selama sehari semalam, pemberian gabah ini ketika ayam sedang dalam kondisi yang sehat. Gabah yang memiliki serat yang tinggi seperti ini juga harus dibatasi jumlahnya
  • Jangan lupa untuk menjemur ayam tersebut setiap harinya minimal satu jam kurang lebih.
  • Berikan campuran madu dan telur sebagai pengganti pakan sore.
  • Mulailah untuk lebih sering mengambar atau latihan dengan lawan tandingnya setiap hari, selain untuk olah raga hal ini juga akan membuat tubuh ayam tetap padat dan tidak loyo selama diet berlangsung.
  • Berikan jamu yang isinya adalah kencur yang telah dibakar setengah matang dan kemudian ditumbuk hingga halus sebagai tambahan pakan selama satu minggu berturut-turut.
Cara Merawat Ayam Yang Kegemukan
  •  Rajin memandikan ayam ketika pagi sebelum diambar. Badan yang basah akan membuat ayam bergerak sehingga akan membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuhnya.
  • Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setelah dimandikan pagi hari biarkan ayam berjemur. Panas matahari pagi juga akan turut membakar lemak ketika terkena suhu yang panas sehingga akan berkeringat.
Lakukanlah selama seminggu ketika sedang masa diet berlangsung, akan tetapi tetap harus diperhatikan agar ayam tidak merasa terlalu lelah kekurangan gizi ketika masa diet sedang berlangsung.
Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
Telegram : +62812-2222-995
https://t.me/bolavita
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita

Tinggalkan Balasan

Close Menu
WhatsApp chat