Biji Nangka Untuk Ayam Aduan – Semua pasti mengenal buah nangka, selain manis dan banyak manfaatnya bagi kebutuhan manusia. Nangka juga sering menjadi bahan olahan masakan seperti sayur lodeh dan sayur nangka. Selain kenikmatannya yang lezat, buah nangka juga memiliki berbagai khasiat yang mampu menangkal berbagai zat-zat berbahaya dalam tubuh baik itu manusia maupun hewan.

Biji Nangka Untuk Ayam Aduan
Biji Nangka Untuk Ayam Aduan

Untuk penyajian biji nangka, anda hanya harus membersihkan biji nangka, kemudian direbus hingga lunak. Setelah biji nangka sudah matang, hancurkan biji nangka yang sudah matang hingga menjadi seperti bubur dan siap diberikan kepada ayam. Anda juga bisa mencampurnya kedalam pakan ayam lainnya seperti dedak, jagung dan lain-lainnya.

Selain itu, buah nangka juga memiliki biji yang cukup besar seperti dengan buah durian. Namun perbedaannya ialah, biji nangka dapat dikonsumsi jika direbus, sedangkan biji durian tidak bisa. Biji nangka adalah salah satu biji terbesar yang dapat dikonsumsi. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam biji nangka sangat baik bagi ayam aduan yang ingin bertarung maksimal. Manfaat biji nangka yaitu:

  • Kesehatan Pencernaan

Biji nangka mengandung kaya serat yang dapat membantu dan memperlancar kesehatan pencernaan pada ayam aduan.

  • Meningkatkan Penglihatan

Bagi ayam aduan, mata adalah segalanya. Jika ayam anda mengalami rabun, maka mengonsumsi biji nangka adalah langkah yang tepat. Biji nangka mengandung vitamin A, nutrisi yang dikenal untuk meningkatkan kesehatan penglihatan. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan. Biji mata juga dapat mencegah katarak dan degenerasi makula pada ayam aduan.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Sabung Ayam Bali

  • Melawan Anemia

Biji nangka mengandung kaya akan zat besi, yang merupakan komponen penting dari hemoglobin. Kadar zat besi yang cukup dapat mengobati anemia dan mencegah beberapa kelainan darah atau infeksi darah pada ayam aduan yang sehabis bertarung.

  • Mengurangi Resiko Darah Menggumpal

Biasanya ayam aduan sehabis bertarung, akan selalu mengalami luka-luka yang cukup serius. Baik itu memar atau luka lecet akibat terkena taji. Mengonsumsi biji nangka dipercaya dapat memperlancar dan mengurangi resiko penggumpalan darah beku.

  • Pakan Alternatif

Tidak banyak orang mengetahui bahwa biji nangka kaya akan nutrisi, sehingga masih banyak orang-orang membuangnya. Selain mengandung berbagai nutrisi yang baik, ternyata biji nangka juga dapat dijadikan pakan alternatif karena harga yang relatif murah.

Telegram : +62812-2222-995
https://t.me/bolavita
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita
Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/

Tinggalkan Balasan

Close Menu
WhatsApp chat